Home » » “Kizuna” Satelit Komunikasi Internet Tercanggih Jepang

“Kizuna” Satelit Komunikasi Internet Tercanggih Jepang

 Seperti yang kita ketahui, Jepang saat ini dikenal sebagai salah negara yang paling maju teknologi informasinya. Maka, tak heran jika negara ini mengklaim mempunyai jaringan komunikasi tercepat di dunia. Hal itu dibuktikan langsung dengan pengiriman roket dalam negeri H-2A yang membawa satelit eksperimental komunikasi tercanggih “Kizuna” di Kagoshima, Jepang.
        "Kizuna" ini nantinya diharapkan bisa mewujudkan sistem jaringan komunikasi internet super cepat. Untuk proyek ini, tak tanggung-tanggung, pemerintah Jepang mengeluarkan dana sebesar 52 miliar yen untuk membiayai riset, peluncuran hingga pengoperasiannya. Nantinya sistem komunikasi internet tanpa kabel super cepat ini diperkirakan dapat menjangkau wilayah Asia Pasifik. Hal itu juga sebagai jawaban atas sulitnya pembangunan infrastruktur jaringan internet di daratan. Sistem jaringan internet via satelit seperti ini, yang tidak menggunakan kabel juga merupakan upaya antisipatif jika sistem komunikasi yang permanen mengalami gangguan hebat.
   
        Jika berhasil, maka tak lama lagi pengguna internet di Jepang tidak akan lagi mengalami hambatan saat surfing di dunia maya. Betapa tidak, sebab satelit hasil kerjasama JAXA dan National Institute of Information and Communication Technology ini menggunakan jaringan serat optik berkecepatan transfer data niminal 100 megabit per detik (Mbps). Satelit ini mampu mentransfer data sebesar 1,2 gigabit per detik dimana satu gigabit sama dengan satu milyar bit per detik.
    Dengan kecepatan itu, akan ada banyak hal yang bisa dimaksimalkan. Misalnya disebutkan bahwa teknologi ini bisa mempercepat perkembangan riset teknologi penyiaran High Definition Televisions (HD-TV) yang sedang dikembangkan oleh Jepang. Selain itu, dengan kapasitas transfer data super cepat itu, Jepang akan mampu mengembangkan layanan konsultasi kedokteran jarak jauh, juga perangkat pendidikan untuk masyarakat yang tinggal di daerah terpencil yang letak geografisnya sulit untuk dibuatnya sarana infrastruktur jaringan internet. Satelit Kizuna ini juga nantinya memungkinkan mahasiswa di negara-negara Asia berkomunikasi lebih lancar tanpa waktu yang terbuang (time lag) antara satu dan lainnya. Apalagi jika mereka berada di dalam kelas yang sama.
   
        Namun seperti yang kita tahu, tidak ada yang sempuran di dunia, tiap hal pasti ada sisi baik dan buruknya. Segala kemudahan yang diberikan melalui “Kizuna” ini, membuat orang jadi malas untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan melalui jasa internet ini, misalnya : Orang jadi malas keluar rumah dan beraktivitas yang berhubungan langsung dengan manusia lain karena teknologi "HD-TV".yang menyenangkan sudah tersedia., orang tidak harus bertatap muka langsung dengan orang lain, dll. Mungkin ini dirasa sepele dan mengada-ada, tapi teknologi apapun tidak akan bisa menggantikan kehadiran langsung seseorang didepan kita secara nyata.
     Lepas dari hal-hal baik dan buruk, pro dan kontra yang disebabkan adanya “Kizuna” ini, kenyataan bahwa Jepang telah membuat inovasi seperti ini tentu saja hal ini akan semakin menguatkan posisi Jepang sebagai negara pemimpin teknologi dunia.

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. MyKepo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger